Pages

Rabu, 15 Februari 2012

biografi ibnu sina


A.    BIOGRAFI IBN SINA

Nama lengkapnya Abu Ali Al-Husein Ibn Abdullah Ibn Al-Hasan Ibn Ali Ibn Sina. Ia dilahirkan di desa Afsyanah, dekat Bukhara, Transotania (Persia Utara) pada tahun 370 H (8 – 980 M). Ayahnya berasal dari kota Balakh kemudian pindah ke Bukhara pada masa raja Nub Ibn Mashur dan diangkat oleh raja sebagai penguasa di Tehar maitsah, satu wilayah dari kota Bukhara. Di kota ini ayahnya menikahi Saffarah dan mendapat 3 orang anak ; Ali, Husein (Ibn Sina) dan Muhammad. [1]
Menurut sejarah hidupnya yang disusun oleh Jurjanji salah seorang muridnya, semenjak kecil Ibn Sina telah banyak mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan yang ada pada zamannya. Seperti Fisika, Matematika, kedokteran, Hukum, dll. Kecerdasan otaknya telah terlihat sejak kecil pada umur 10 tahun telah hafal Al-Qur'an, kitab metafisika aristoteles. Semenjak berumur 16 tahun ia sudah dikenal secara luas sebagai seorang dokter. Ia pernah mengobati pangeran Nuh Ibn Mansur sehingga pulih kembali kesehatannya.
Pada waktu usia 22 tahun, ayahnya meninggal dunia, kemudian ia meninggalkan Bukhara untuk menuju ke Jurjan, dan dari sini ia pergi ke Chawarazm. Di Jurnjan ia mengajar dan mengarang, tetapi karena kekacauan politik, ia tidak lama tinggal disitu. Kemudian ia pindah ke Rais, suatu kota di sebelah Selatan Teheran, dan bekerja untuk ratu Saejidah dan anaknya Majd Al-Dawlah. Ibn Sina pernah diangkat menjadi menteri pada pemerintahan Sultan Syams Ad-Dawlah. Kemudian ia pergi ke Isfahan, dan meninggal di sana tahun 428 / 1037 M dalam usia 57 tahun.[2]

B.     GURU DAN MURID IBNU SINA

Adapun guru-guru Ibnu Sina antara lain adalah :
  1. Al-Zahid, seorang yang mengajari ilmu akhlak, fiqih dan tasawuf.
  2. Abu ‘Abdullah Al-Natili, seorang yang mengajari pokok ilmu logika.
  3. Abu Bakar Al-Kharizm, seorang sahabat karib ayahnya.
  4. Guru yang mempunyai andil secara tidak langsung adalah ARistoteles dan Al-Arabi.
Adapun murid Ibnu Sina adalah : Abu Ubaid Al-Jurjani.

C.    SETTING SOSIAL

Ibnu Sina dilahirkan dalam masa kekacauan, dimana khilafah abu abasiyah mengalami memunduran dan negara-negara yang mula-mula berada di bawah kekuasaan khilafah tersebut mulai melepaskan diri satu per satu untuk berdiri sendiri. Kota Bagdad sendiri, sebagai pusat pemerintahan Khilafah Abbasiyah, dikuasai oleh golongan Ibnu Buwaih pada tahun 334 H dan kekuasaan mereka berlangsung terus sampai tahun 447 H.[3]
Karena ia mempunyai ingatan dan kecerdasan yang luar biasa sehingga dalam usia 10 tahun telah mampu menghafal Al-Qur'an, sebagian besar sastra Arab, dan ia juga hafal kitab metafisika karangan Aristoteles setelah dibacanya empat puluh kali, kendatipun ia belum memahaminya sampai memabca ulasan Al-Farabi. Pada usia 16 tahun ia telah banyak menguasai ilmu pengetahuan, sastra Arab, fikih, ilmu hitung, ilmu ukur, dan filafat. Bahkan, ilmu kedokteran dipelajarinya sendiri.
Ibnu Sina merupakan satu diantara sasaran Al-Ghazali dalam serangannya terhadap kaum filosof. Ibnu Sina semula memusatkan diri dalam ilmu pengetahuan fisik hingga ia meraih penghargaan sebagai “Princes of Physicians”, dan sebagai seorang yang penuh gairah dan keasyikan pola kehidupan hidonistik yang seharusnya tidak memenuhi persyaratan sebagai peneliti yang bersifat moralistik.[4]
Aspek yang banyak ilusrasinya dari kebesaran dan kemasyhuran yang pasti dari Ibnu Sina adalah dari hasil studinya tentang kimia, astronomi, dan kedokteran, tetapi karya falsafahnya adalah lebih kuat daya tahannya dan mempunyai pengaruh yang berdasarkan dalam pemikiran muslim, terutama dikalangan syi’ah. Faham-faham Ibnu Sina dalam falsafah besar sekali pengaruhnya kepada orang-orang syiah, sebab itu tidak mengherankan kita, kerajaan Iran sangat besar hasratnya untuk melakukan peringatan atas 1000 tahun Ibnu Sina.
Gelar “As Syekh” pernah ia dapat, karena sangat aktif berkemcimpung di dalam bidang ilmu pengetahuan dan falsafah. Juga gelar “Ra’is” ia dapatkan karena beliau berkedudukan sebagai memberi aksi latin memberi gelar kepada Ibnu Sina dalam bidang kedokteran yaitu menyebutkannya “Arabicum Medicarium Principes”(Raja dokter-dokter Arab).[5]

D.    KARYA-KARYANYA

Pada usia 29 tahun ia telah menghasilkan karya-karya cemerlang, dan tidak heran kalau ia menghasilkan 267 karangan. Diantara karya-karyanya yang terpenting adalah :
a.       Al-Syifa’, latinnya Suratio (penyembuhan) ensiklopedi yang terdiri dari 18 jilid mengenai fisika, matematika, dan metafisika. Kitab ini ditulis pada waktu menjadi Menteri Syamd Ad-Dawlah dan selesai masa ‘Ala’u Al-Dawlah di Isfahan.
b.      Al-Najah, latinnya Salus (penyelamat), keringkasan dari Al-Syifa’.
c.       Al-Isyanah wa Al-Tanbihah (isyarat dan peringatan) mengenai logika dan hikmah.
d.      Al-Qonun fi Al-Tibb, Ensiklopedi medis dan setelah diterjemahkan ke dalam bahasa latin menjadi buku pedoman pada universitas-universitas di Eropa sampai abad XVII.
e.       Al-Hikmah Al-Arudhiyyah.
f.       Hidayah Al-Rais Al-Amir.
g.      Risalah Fi Al-Kalam Ala Al-Nafs Al-Nathiqiyah, dan
h.      Al-manthiq Al-Masriqiyyin (logika Timur).[6]

E.     POKOK-POKOK PEMIKIRAN IBNU SINA TENTANG PENDIDIKAN

Pemikiran Ibnu Sina dalam bidang pendidikan antara lain berkenaan dengan tujuan pendidikan, kurikulum, metode pengjaran, guru dan pelaksanaan hukuman dalam pendidikan.
-          Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah perkembangannya yang sempurna, yaitu perkembangan fisik, intelektual dan budi pekerti. Selain itu tujuan pendidikan menurut Ibnu Sina harus diarahkan pada upaya mempersiapkan seseorang agar dapat hidup di masyarakat secara bersama-sama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiapan, kecenderungan dan potensi yang dimilikinya.
Dengan demikian dalam rumusan tujuan pendidikan yang dikemukakan Ibnu Sina itu sudah terkandung strategi yang mendasar mengenai dasar dan fungsi pendidikan, yaitu bahwa pendidikan yang diberikan kepada anak didik, selain harus dapat mengembangkan potensi dan bakat dirinya secara optimal dan menyeluruh, juga harus mampu menolong manusia agar eksis dalam melaksanakan fungsinya sebagai khalifah di masyarakat dengan suatu keahlian yang dapat diandalkan.
-       Kurikulum
Secara sederhana istilah kurikulum digunakan untuk menunjukkan sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh untuk mencapai suatu gelar atau ijazah.
Konsep Ibnu Sina tentang kurikulum didasarkan pada tingkat perkembangan usia anak didik. Konsep kurikulum yang ditawarkan Ibnu Sina memiliki tiga ciri; Pertama, konsep kurikulum Ibnu Sina tidak hanya terbatas pada sekedar menyusun sejumlah mata pelajaran, melainkan juga disertai dengan penjelasan tentang tujuan dari mata pelajaran tersebut, dan kapan mata pelajaran itu harus diajarkan.
Kedua, bahwa strategi penyusunan kurikulum yang ditawarkan Ibnu Sina juga didasarkan pada pemikiran yang bersifat pragmatis fungsional, yakni dengan melihat segi kegunaan dari ilmu dan ketrampilan yang dipelajari dengan tuntutan masyarakat atau berorientasi pasar (marketing oriented).
-       Metode Pengajaran
Metode  pengajaran yang ditawarkan Ibnu Sina antara lain metode talqin, demonstrasi, pembebasan dan teladan, diskusi, magang dan penugasan.
-       Konsep Guru
Konsep guru yang ditawarkan Ibnu Sina antara lain berkisar tentang guru yang baik. Dalam hubungan ini Ibnu Sina mengatakan bahwa guru yang baik adalah guru yang berakal cerdas, beragama, mengetahui cara mendidik akhlak, cakap dalam mendidik anak, berpenampilan tenang, jauh dari berolok-olok dan main-main dihadapan muridnya, tidak bermuka masam, sopan santu, bersih dan suci murni.
-       Konsep Hukuman Dalam Pengajaran
Ibnu Sina membolehkan pelaksanaan hukuman dengan cara yang ekstra hati-hati dan hal itu hanya boleh dilakukan dalam keadaan terpaksa atau tidak normal. Sedangkan dalam keadaan normal, hukuman tidak boleh dilakukan.[7]

 














DAFTAR  PUSTAKA


-          Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam, (Jakarta : Griya Media Pratama, 1999).
-          H.A. Mustofa, Filsfat Islam, (Bandung : CV. Pustaka Setia, 1992).
-          Ahmad Hanafi, MA, Pengantar Filsafat Islam, Cet. 6, (Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1996).
-          Cyril Classe, Ensiklopedia Islam, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1999).
-          H. Zainal Abidin Ahmad, Negara Adil Makmur, (Jakarta : Bulan Bintang, tt).
-          Dr. H. Abuddin Nata, MA, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2001).


[1] Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam, (Jakarta : Griya Media Pratama, 1999), hlm. 66-67.
[2] H.A. Mustofa, Filsfat Islam, (Bandung : CV. Pustaka Setia, 1992), hlm. 189.
[3] Ahmad Hanafi, MA, Pengantar Filsafat Islam, Cet. 6, (Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1996),          hlm. 115.
[4] Cyril Classe, Ensiklopedia Islam, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1999), hlm. 155.
[5] H. Zainal Abidin Ahmad, Negara Adil Makmur, (Jakarta : Bulan Bintang, tt), hlm. 271.
[6] Hasyimsyah Nasution, Op.Cit, hlm. 68-69.
[7] Dr. H. Abuddin Nata, MA, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2001), hlm.67 – 79.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers